ilham dkk 2

Kolaborasi Empat Mahasiswa Bidikmisi ini Buktikan Organisasi Tak Halangi Prestasi

 

Kuala Lumpur,Malaysia ,24 April 2018 . Hari sabtu sore di negeri harimau kala itu menjadi hari yang sangat berharga bagi mahasiswa Universitas Sumatera Utara yang tergabung dalam keluarga besar Beasiswa Rumah Kepemimpinan Regional 6 Medan sekaligus merupakan mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi. Mereka adalah Hermansyah Lubis merupakan Mahasiswa Jurusan Keperawatan 2014 ,M.Iqbal Harefa merupakan mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan 2014  , Ilham Syahputra merupakan Mahasiswa jurusan sumber daya perairan 2014 dan M.Rinal Pahlepi merupakan mahasiswa jurusan teknologi pangan 2015 .

Hari itu akan menjadi hari yang bersejarah bagi mereka pasalnya pada Pagelaran International Invention  and Innovation award,Malaysia Technology expo 2018 , mereka berhasil mendapatkan penghargaan  Bronze Medal Malaysia Technology Expo 2018 yang diselenggarakan oleh Research Center of Malaysia atau Mars. Ajang bergengsi ini merupakan agenda  tahunan yang diadakan oleh Malaysia research center dan ditahun ini acara bergengsi ini berhasil menghadirkan 300  Finalis kreatif dan inovatif yang datang dari seluruh penjuru dunia seperti ,Jepang, Iran, Kroasia, Korea, Taiwan , Malaysia dan Negara lainnya.

Ini merupakan kali pertama bagi ke empat mahasiswa bidikmisi ini mengikuti kompetisi internasaional dan langsung mendapatkan capaian yang membanggakan. Menariknya mereka bukan lah mahasiswa biasa pada umumnya. Mereka aktif sebagai pemimpin atau Leader di masing masing organisasinya, Sebagai contoh  saat ini M.Rinal pahlepi merupakan presiden inkubator sains usu , Ilham syahputra merupakan Ketua forum mahasiswa muslim pertanain usu  ,Hermansyah Lubis merupakan ketua Lembaga dakwah Fakultas Forkis Rufaidah dua tahun lalu, sekarang ia aktif di Ikatan Lembaga Mahasiswa keperawatan Indonesia dan M.Iqbal Harefa adalah Gubernur pemerintahan Mahasiswa FEB USU .

Sebuah kesempatan yang berarti untuk keempat mahasiswa prestatif ini dapat mengikuti event internasional bergengsi seperti ini. Pasalnya tidak semua dapat lolos sebagai peserta dan bisa mempresentasikan produknya kepada seluruh peserta diseluruh dunia dan kepada para panelis Malaysia Technology Expo 2018. Pada Pagelaran ini Ilham dan kawan kawan membawa sebuah produk yang diberi nama batakur. Sebuah produk jenis bahan bangunan yang dibuat dengan teknologi sederhana berbahan kulit kerang. Produk ini hadir sebagai keresahan yang terjadi pada lingkungan sekitar pantai yang dicemari kulit kerang yang tidak termanfaatkan dengan baik. Diharapkan dengan adanya produk ini masyarakat sekitar pantai bisa lebih mencintai lingkungan dan dapat meningkatkan kemampuan finansial karena batakur tidak hanya produk yang mencoba mengurangi limbah kulit kerang namun produk yang bernilai jual.

Ke empat mahasiswa ini juga sering mengikuti dan memenangkan berbagai macam perlombaan tingkat local maupun nasional. Mulai dari debat,Essai,LKTI, video dan lomba lainnya. Kali ini merupakan titik strategis saat keempat mahasiswa kreatif ini memustuskan untuk berkolaborasi. Menjadi sebuah misteri bagaimana seorang petinggi organisasi dapat menyeimbangkan prestasi akademik dan non akademiknya.

Ilham dan kawan kawan menuturkan bahwa rahasia menuai keberhasilan adalah senantiasa cerdas membaca peluang dan  berfikir kreatif serta memikirkan manfaatnya bagi khalayak ramai , berkolaborasi, berkerja keras dan jangan lupa berdoa. Kita juga harus yakin bahwa kesuksesan milik mereka yang berjuang.

Ilham,Iqbal ,Herman dan Rinal adalah 4 dari 24 peserta rumah kepemimpinan yang kini dibina dalam satu rumah yakni rumah kepemimpinan regional 6 Medan . Setiap peserta dibekali ilmu hard skill dan soft skill dan ilmu lain yang tidak di pelajari dikampus . Eksekutif Regional Medan dan eksekutif Pusat senantiasa berusaha menanamkan nilai  kepada peserta untuk terus  kolaborasi dalam kebaikan dan berani menantang dunia dengan prestasi dan kontribusi.

sultan USU

Solid Unggul Tangguhilham dkk 2

 

 

 

0 comments on “Kolaborasi Empat Mahasiswa Bidikmisi ini Buktikan Organisasi Tak Halangi PrestasiAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *