Hafizhul

Hafizhul Islam : Ketua LDK Sekaligus Ketua Puskomda Surabaya Raya

Ada beragam aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa, baik bekaitan dengan akademik maupun aktivitas organisasi. Sejak dahulu sampai saat ini, aktivitas kemahasiswaan masih diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap masyarakat, sesuai dengan ranah geraknya. Sebagian beregerak dengan kajian dan menyampaikan kritik kepada pemerintah. Sebagian lagi mengambil langkah memperbaiki dan membantu masyarakat kelas bawah. Sebagian lagi melaksanakan aktivitas dakwah dalam lingkup maupun masyarakat sekitarnya.

Begitupula yang dipilih oleh Hafizhul Islam. Mahasiswa Teknik Material ITS ini tak sekadar fokus dalam aktivitas akademiknya, ia juga mengisi hari-harinya dengan aktivitas organisasi, khususnya dalam Lembaga Dakwah Kampus. Fizhul (sapaan akrabnya),  medio tahun lalu diberikan tanggung jawab untuk memimpin Lembaga Dakwah Kampus JMMI ITS periode 2017/2018.

Belum ada setengah kepengurusan berlangsung, Hafizhul kembali menerima kepercayaan baru. LDK JMMI ITS mendapatkan amanah menjadi Pusat Komunikasi Daerah (Puskomda) FSLDK Surabaya, Koordinator LDK di Surabaya yang menjadi kepanjangan tangan dari agenda Puskomnas (Pusat Komunikasi Nasional) FSLDK. Pada awal November 2017 lalu, JMMI terpilih sebagai Puskomda dalam perhelatan FSLDKD (Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus Daerah) VIII Surabaya Raya. Ini adalah kali ke-empat LDK JMMI ITS mendapatkan amanah tersebut sejak awal 2000-an. Dengan berbagai pertimbangan, Hafizhul sekaligus menjadi ketua Puskomda. Ya, ia menjabat ketua Puskomda sekaligus ketua LDK JMMI ITS.

Sedikit penjelasan tentang FSLDK, bahwa FSLDK adalah singkatan dari Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus. Forum antar Lembaga Dakwah Kampus yang sudah berdiri sejak era-1980’an. Kini, lebih dari 1000 Lembaga Dakwah Kampus tergabung dalam forum tersebut, tersebar dari wilayah barat sampai ujung timur Indonesia. Terkhusus daerah Surabaya, yang kini dikomandoi Puskomda JMMI ITS dan secara personal dipimpin Hafizhul, terdapat 56 Lembaga yang tergabung.

FSLDK memiliki berbagai macam agenda dengan ragam fungsi juga, yang utama adalah bahwa adanya forum ini untuk saling mengingatkan dan meningkatkan kualitas kelembagaan Dakwah Kampus. Selain fungsi sosial kemanusiaan, keputrian dan humas-media.

Kembali pada Hafizhul dan JMMI. Perihal penentuan JMMI sebagai Puskomda, Fizhul menyampaikan bahwa awalnya pengurus JMMI sebenarnya menolak untuk menjadi puskomda, “ndak siap dan memang juga ndak mau untuk jadi puskomda”, katanya. Pun dengan Hafizhul sendiri yang awalnya juga tak berkenan menjadi pimpinan Puskomda.

Hafizhul membawa semangat kerja bareng dalam kepengurusan Puskomdanya. “Ane ndk mau jd orang super power hehe. mengajak pihak lain jg banyak terlibat, dipikir bareng, di lakoni bareng. Apalagi seneng gitu melihat ternyata banyak kampus yg semangat menyambut gerak FSLDK”, imbuhnya.

Saat ditanya soal pesan untuk teman-teman, Sosok yang selalu ceria dan terkadang usil ini berpesan singkat dan padat. “Ini langkah biar sukses dunia akhirat, kerjain bareng biar enteng”, katanya mengajak setiap elemen untuk bekerjasama.

Semoga amanah yang diemban kini, menjadi sarana pengembangan diri dan ladang amal yang akan dipertanggung jawabkan kelak. Aamiin

0 comments on “Hafizhul Islam : Ketua LDK Sekaligus Ketua Puskomda Surabaya RayaAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *