Hilmy Maulana : Ketua SKI FISIP Unair dengan Segudang Aktivitas Dakwah

Sering kita mendengar bahwa amanah tak salah memilih tuannya. Bahwa amanah yang diberikan kepada seseorang sudah menjadi garis Sang Pencipta dan terdapat maksud kebaikan yang akan disampaikan. Beberapa waktu yang lalu, amanah besar juga dierima oleh Hilmy Maulana Rachmawan. Mahasiswa Hubungan Internasional FISIP Unair ini di berikan amanah lagi sebagai ketua SKI FISIP (Sie Kerohanian Islam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) Universitas Airlangga periode 2018. Ini adalah tahun kedua ia diberikan amanah sebagai ketua di lembaga tersebut.

Hilmy menyampaikan bahwa awalnya ia merasa kaget dan sempat shock, karena bukan kali pertama ia terpilih sebagai ketua di SKI FISIP. Dengan dinamika dan sepak terjang kader di SKI FISIP, ia merasa sangatlah tidak adil bilamana tampuk kepemimpinan belum bisa beranjak dari yang sebelumnya menuju penerusnya. “Namun, ternyata karena adanya beberapa faktor internal dan eksternal yang belum dapat diselesaikan, terlebih karena adanya evaluasi pada kondisi riayah kader serta masalah besar lainnya, rasanya ini masih menjadi tanggung jawab saya untun menuntasakannya”, ungkap Hilmy.

Awalnya, ia mengganggap negatif hal ini. Ia menganggap hal ini sebagai sebuah musibah. Namun, menurutnya sebagai seorang muslim, rasanya tiada alasan untuk bersedih hati selain kejelasan amalan yang akan dipertanggungjawabkan. “Saya berusaha untuk menghadapi ini sebagai sebuah anugrah dan kesempatan dari Allah Subhanahu wa taala untuk memperbaiki kesalahan dan menorehkan prestasi kembali. Bismillah, insyaa Allah”, imbuhnya.

Soal motivasi yang mendorong Hilmy untuk mau menerima amanah tersebut juga patut kita jadikan inspirasi. Ia melihat kondisi kampus FISIP selalu dinamis, selalu saja ada ragam hal yang tidak bisa diprediksi. Ia tak menganggap FISIP sebagai tempat yang jauh dari agama, namun ia lebih suka mengibaratkan FISIP dengan tempat yang punya berbagai cara dalam mengekspresikan cara beragama. Sehingga menurut Hilmy, sebagai seorang muslim, sudah seharusnya kita ikut membantu saudara muslim kita berjalan bersama, di jalan Allah. Ia juga mengaku selalu ada motivasi dari pedahulu, bahwa FISIP merupakan sebuah kesempatan dimana jalan berdakwah takkan selalu mudah. “Dan, saya pun meyakin, banyak pelajaran yang akan dan bisasaya ambil dari peristiwa ini.bukan hanya menjadi ketua, namun juga mengenal iklim FISIP yang terkenal dinamis tersebut”, tegasnya.

Dalam masa kepengurusannya kali ini ia membawa semangat perbaikan. “Saya mengusung semangat #perbaikanberperubahan yang mencoba membawa SKI FISIP pada masa berbenah dan merapikan diri kembali, guna menghadapai era yang kian tak pasti, dengan harapan dapat memberi manfaat yang tiada henti”, tutur Hilmy.

Dukungan bgai Hilmy pun datang dari banyak sisi. Ia menyampaikan bahwa dorongan kawan di RK (Rumah Kepemimpinan) sangatlah besar, dari segi moriil mupun materiil. “Utamanya datang dari Manajer Regional, Supervisor, dan Taakhy yang tiada henti menanyakan kabar, menanyakan hal yang bisa dibantu, dan banyak lagi” jelas Hilmy. Ia juga bersyukur karena Allah menempatkannya di tengah lautan ilmu dan pengalaman. Terlebih, diantara peserta RK juga sedang / pernah mengecap pengalaman menjadi aktivis dakwah kampus. Sehingga, banyak referensi yang dapat ia pelajari dan aplikasikan di organisasi, SKI FISIP.

Dukungan secara moriil dari keluarga juga sangat ia rasakan. Tentu saja peringatan agar tetap bisa mengingat hakikatnya sebagai mahasiswa untuk fokus belajar, walau sering beraktivitas di luar kampus. Harapan orang tua dan keluarga adalah tetap untuk menyelesaikan studi pada waktunya.

Perlu kita ketahui, bahwa aktivitas Hilmy saat ini bukan hanya di SKI FISIP. Ia juga aktif dalam ragam komunitas khususnya yang berkaitan dengan dakwah komunitas digital. Beberapa diantaranya adalah KOPPUSAT (komunitas Puasa Sunnah Ummat), KODHAM (Komunitas Dhuha ummat), GIB (Gerakan Indonesia Bertaubat), komunitas Tahfidz ArRahmaan, Komunitas GOTA (Gerakan orangtua asuh) Tahfidzul Qur’an, dan juga Oneday Onejuz serta Komunitas Tahajjud berantai. Ia diamanahi sebagai administrator di tiga grup, KOPPUSAT, KHODAM, dan GIB.

Ia sendiri mengaku sangat antusias dengan aktivitas-aktivitas dakwah. Sehingga selalu terbiasa untuk saling mengingatkan. Ia juga bersyukur karena aktivitasnya yang padat, ragam komunitas tadi juga bertujuan untuk menambah amalan, yang juga diharapkan dapat menjadi sarana tarbiyah dzatiyah (pembinaan  bagi diri sendiri). Selain itu, “saya juga aktif di beberapa kegiatan sukarelawan, diantaranya adalahdi Relawan Nusantara dari Rumah Zakat, LSO Lentera Harpaan, Pena Bangsa YDSF, dan Partisipan di IZI Surabaya. Saya Aktif pula di KAMMI surabaya sebagai instruktur dan pemandu kader”, ungkap Hilmy. Bismillah, selalu hamasah, insyaa Allah

Hilmy juga membagikan pesan untuk kita sekalian, bahwa kita perlu untuk selalu ingat bahwa apapun ayang kita lakukan, semuanya akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah. Ia juga berharap bahwa amanah ini sebagai media pembelajaran dan pendewasaan serta simulasi bagi kehidupan nanti di luar kampus. “Amanah bukan datang atas kehendak kita, bukan pula datang karena pendapat orang lain yang menganggap kita mampu. Namun ia datang sebagai bentuk kepercayaan Allah terhadap kita. Maka persiapkanlah diri kita akan datangnya amanah tersebut. Suka atau tidak, manusia sejak penciptaannya, ditugaskan sebagai khalifah, yang mana, ia akan selalu punya hal yang menjadi amanahnya”, tegas Hilmy memberikan pesan untuk kita perhatikan. Tak lupa, ia juga mengingatkan kepada kita untuk meneladani orang yang terpercaya, Rasululullah Muhammad SAW dalam mengemban amanah.

Semoga amanah yang diemban Hilmy ini dapat menjadikannya insan yang bermanfaat dan semakin dewasa dalam memimpin dan bersikap. Tentu semua amanah itu harapannya tuntas dengan kebermanfaatan yang besar. Aamiin. (AB)

0 comments on “Hilmy Maulana : Ketua SKI FISIP Unair dengan Segudang Aktivitas DakwahAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *