1517184567217

Winona dan Zaki: Kontingen Rumah Kepemimpinan dalam 3rd UI Quranic Olympiad

Kabar bahagia kembali datang bagi Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta karena dua pesertanya berhasil pulang membawa kemenangan. Terdapat Winona Salsabila Sunukanto sebagai kontingen dari FKM dalam perlombaan Debat Bahasa Inggris Kandungan Al-Quran dan Zaki Vernando sebagai kontingen dari FMIPA dalam perlombaan Khathtil Quran dalam 3rd UI Quranic Olympiad. 3rd UI Quranic Olympiad ini memiliki 8 cabang lomba dan berlangsung pada 17 – 26 November 2017.

preview

Debat Bahasa Inggris Kandungan Al-Quran dan Khathtil Quran merupakan dua jenis perlombaan yang sangat berbeda. Debat Bahasa Inggris Kandungan Al-Quran merupakan sebuah lomba debat yang diikuti oleh sebuah tim berjumlah dua orang. Sistem debat yang digunakan pun dengan sistem Asian Parliament dan mosi yang akan didebatkan harus dibahas dengan landasan berupa kandungan Al-Quran. Dalam lomba ini, tim perlu untuk menekankan kembali asbabun nuzul pada setiap mosi sehingga perdebatan dapat menjadi lebih terarah. Diperlukan kemampuan analisis yang baik untuk meyakinkan juri bahwa tim berada di sisi yang tepat pada sebuah perdebatan. Cabang lomba Debat Bahasa Inggris Kandungan Al-Quran ini memliki dua fase yaitu penyisihan dan final.

IMG-20171118-WA0001

Cabang lomba Khathtil Quran sendiri merupakan sebuah lomba menulis penggalan ayat suci Al-Quran secara indah dalam sebuah kertas kosong yang disediakan oleh panitia. Untuk membuat sebuah kaligrafi yang indah maka peserta lomba harus mengerti teknik kaligrafi yang diperlukan dan perpaduan warna yang baik. Peserta lomba juga membutuhkan konsentrasi penuh sehingga hasil kerjanya dapat terwujud secara maksimal. Dewan juri pada cabang lomba ini pun harus menilai kaligrafi mana yang terindah melalui boring penilaian yang telah disediakan oleh panitia 3rd UI Quranic Olympiad.

1517183537020

Pada 26 November 2017, panitia 3rd UI Quranic Olympiad pun memberikan pengumuman dari pemenang lomba pada seluruh cabang. Alhamdulillah, Winona beserta dengan rekannya, Fauziah Mauly Rahman, mendapatkan Juara 2 dalam Debat Bahasa Inggris Kandungan Al-Quran dan Zaki mendapatkan Juara 1 dalam Khathil Quran dengan nilai 80. Semoga kedepannya akan terdapat lebih banyak lagi prestasi yang dapat diraih oleh peserta Rumah Kepemimpinan dalam melestarikan Al-Quran dengan seluruh keindahannya.

0 comments on “Winona dan Zaki: Kontingen Rumah Kepemimpinan dalam 3rd UI Quranic OlympiadAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *