Alfian

Alfian Nur Wahyudi : Ketua DLM Unair 2018, SIAP!

Setelah 3 tulisan terakhir dari Surabaya membahas para aktivis mahasiswa yang bergerak pada ranah eksekutif kampus, saat ini waktunya sosok inspiratif dari lembaga legislatif mahasiswa yang diulas. Alfian Nur Wahyudi yang akrab disapa Alfian, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat ini baru saja (21/1) menerima amanah sebagai ketua Dewan Legislatif Mahasiswa Universitas Airlangga 2018.

Anak muda asal Madura ini sebelumnya juga aktif di Badan Legislatif Mahasiswa FKM Unair 2017 sebagai Bendahara, hingga tahun ini ia memutuskan untuk mendaftar menjadi calon anggota DLM Universitas. Sebelum terpilih menjadi ketua DLM, terlebih dahulu terpilih dalam pemilihan anggota DLM. Tahun ini, pemilihan anggota DLM berbeda dari tahun sebelumnya. ” Jika tahun lalu Ketua dan Sekretaris BLM masing-masing Fakultas otomatis langsung menjadi Anggota DLM UNAIR. Khusus tahun ini anggota DLM UNAIR dipilih langsung oleh Mahasiswa”, terang Alfian.

Setelah pemilihan anggota DLM pada masing-masing fakultas, dilakukan sidang untuk menentukan ketua DLM. Pada dasarnya Alfian belum kepikiran untuk menjadi pimpinan DLM Unair, dorongan teman-teman nya yang menganggap gaya kepemimpinannya cocok untuk DLM Unair, menjadikan ia terpikir untuk mau menjadi ketua DLM. Ia pun berpikir bahwa kesempatan itu tak akan datang dua kali. Sekaligus membuat tantangan pada dirinya sendiri, “Layakkah saya menjadi ketua DLM”, ungkapnya.

Dalam sidang itu Alfian dicalonkan oleh peserta sidang, lalu masuk masuk tahap kedua untuk pemaparan visi misi. Berikutnya, Alfian dan calon yang lain menerima beberapa pertanyaan yang wajib dijawab. Keputusan akhirnya ditentukan melalui mekanisme musyawarah.

Alfian mengungkapkan bahwa kunci kesuksesannya (salah satunya dalam pemilihan ini) adalah adanya doa dalam setiap langkah. “Saya selalu berdoa disetiap langkah saya. Selalu membaca basmalah ketika mau melakukan pekerjaan, mau memaparkan visi misi, mau menjawab segala pertanyaan”, jelas Alfian, menggambarkan kebiasannya dalam pemilihan itu.

Selain kawan-kawan di kampus yang mendorong untuk maju, ia juga menyampaikan bahwa teman teman RK ikut mendukung dengan memberikan motivasi untuk terus maju menghadapi tantangan, dan berdoa agar selalu diberikan yang terbaik. Terlebih orang tua  yang selalu mendukung yang terbaik untuknya. “Sebelum saya mau mencalonkan diri saya tidak lupa untuk meminta restu orang tua. Dan ketika saya terpilih saya meminta doa restu orang tua agar dimudahkan disetiap langkah saya di DLM UNAIR”, ungkapnya. Ia juga berpesan kepada kita untuk terus berkontribusi. “Leadership is not about tittle or position, but leadership is an action”, tegas Alfian.

Soal gagasan yang ia bawa, ia menyederhanakan dalam bentuk Visi dan Misi yang tertera dibawah ini.

Visi DLM Unair 2018
“Menjadikan DLM UNAIR sebagai Pejuang dan Penyalur Aspirasi mahasiswa Universitas Airlangga”
Misi :
1. Sinergisitas berbagai pihak di Universitas Airlangga
2. Meningkatkan Komunikasi dan Koordinasi di tingkat Universitas
3. Meningkatkan fungsi Aspirasi berdasarkan riset
4. Mengoptimalkan peran media informasi sebagai sarana penghubung mahasiswa dengan DLM UNAIR

Ia juga menyiapkan slogan SIAP untuk kepengurusan DLM 1 tahun kedepan, yang merupakan singkatan dari Sinergis, Inovatif, Aktif , dan Prestatif. Ketika ditanya soal gagasan, ia juga mendetailkan tentang fokusan dan program yang ia canangkan untuk kepengurusannya nanti. Ia akan mengupayakan penguatan internal organisasi, training Legislatif khususnya untuk Keluarga Mahasiswa UNAIR PSDKU Banyuwangi, menghidupkan kembali OA DLM UNAIR agar mahasiswa UNAIR lebih dekat dengan DLM UNAIR. Yang pasti, sebagai lembaga legislatif mahasiswa ia menginginkan DLM mampu menjadi Pejuang dan Penyalur Aspirasi Mahasiswa Universitas Airlangga.

Semoga setiap harapan, rencana dan gagasan itu mampu diimplementasikan dengan baik. Menjadi sarana pendewasaan diri, penguatan kompetensi dan mengasah kepemimpinan diri. Selamat bertugas, Alfian! (AB)

0 comments on “Alfian Nur Wahyudi : Ketua DLM Unair 2018, SIAP!Add yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *