Hera - nurse 1

Kusuma Herawati: Juara 1 National Nursing Festival

Tak afdhal rasanya saat menjadi peserta rumah kepemimpinan tetapi tidak mengikuti ajang lomba nasional maupun internasional. Hidup seatap dengan orang-orang produktif dan dibina agar menjadi SDM strategis seolah menjadi alasan kuat yang tak terpatahkan untuk semua peserta berlomba dalam kebaikan, berdakwah melalui prestasi-prestasi yang ditorehkan.

Pada bulan Oktober lalu, salah satu peserta rumah kepemimpinan regional jakarta mengikuti ajang lomba keperawatan tingkat nasional di jakarta. Kusuma Herawati mewakili Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia dalam acara National Nursing Fesival 2017. Berbagai ajang lomba menarik berbagai mahasiswa rumpun kesehatan dari seluruh wilayah indonesia.

Kompetisi terdiri dari tiga tahap, pertama babak penyisihan melalui tes tulis tentang dunia keperawatan (semacam olimpiade) untuk menjadi 6 peserta lolos ke tahap semifinal. Lalu tahap dua berupa pemaparan inovasi dalam bidang keperawatan dan tahap tiga yang terdiri dari 3 peserta untuk digali lebih dalam mengenai inovasi yang ditawarkan. Saat tembus ke tahap final, Hera yang mewakili FIK UI menghadapi kontingen dari Universitas Brawijaya dan Universitas Gadjah Mada. Dan alhamdulillah, atas ikhtiar, do’a dan tawakkal, Allah SWT memberikan kesempatan menjadi Juara Pertama National Nursing Festival.

Melalui acara tersebut saya berharap menjadi wadah pengembangan diri mahasiswa keperawatan seluruh Indonesia untuk meningkatkan kualitas keperawatan melalui inovasi-inovasi yang ditawarkan. Selain itu juga menjadi wadah bagi kita untuk berjejaring dengan baik dengan sesama mahasiswa maupun tokoh-tokoh keperawatan di Indonesia. Hal tersebut menjadi nilai tambah untuk didapatkan sebagaimana yang Rumah Kepemimpinan ajarkan akan pentingnya berjejaring.

Mengikuti acara tersebut bukan hanya berbicara tentang prestasi. Rendah hati, objektif, open mind, moderat, prestatif dan kontributif yang biasa kami kenal dalam singkatan ROOM-PK, adalah enam nilai dasar yang ditanamkan pada kami sebagai peserta Rumah Kepemimpinan. Dimana setiap kegiatan di luar yang diikuti adalah sebagai simulasi kecil untuk menerapkan nilai-nilai tersebut.

Menjadi peserta Rumah Kepemimpinan yang selalu dikelilingi oleh nilai-nilai positif dari peserta lainnya bukan hanya tentang menjadi juara, tetapi kesungguhan dalam mewujudkan mimpi-mimpi kami, berani mencoba, dan menyerahkan hasil terbaik setelah berusaha optimal padaa Sang Maha Menentukan.

0 comments on “Kusuma Herawati: Juara 1 National Nursing FestivalAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *