Zaid Sulaiman

Zaid Sulaiman : Juara 1 Casting Competition 2017

Orang bijak pernah mengatakan, “If you never try, you’ll never know”. Bahwa ketika kita menginginkan tuk meraih sesuatu, tak cukup hanya dalam angan saja. Perlu pembuktian bahwa kita benar-benar menginginkan itu. Perlu di coba, perlu melakukan sesuatu yang berbeda dari biasanya.

Kami kira, itu pula yang dilakukan oleh Zaid Sulaiman, atau yang akrab disapa Iman, Mahasiswa Jurusan Teknik Material FTI ITS angkatan 2015 ini (tengah dalam gambar). Ia mencoba untuk menguji kemampuan atau kompetensi keilmuannya dengan mengikuti lomba Casting Competition. Sebagai seorang mahasiswa yang juga menjabat sebagai asisten sekjen BEM ITS, ia juga ingin memiliki prestasi dalam bidang keilmuannya, Teknik Material. Hingga akhirnya ia menjadi juara 1 dalam Casting Competition yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Pengecoran Logam Politeknik Manufaktur bekerja sama dengan PM3I.

Sedikit informasi, bahwa Casting competition ini merupakan lomba pertama dalam bidang pengecoran logam. Ini adalah sub-event yang termasuk dalam rangkaian kegiatan Metal Casting, yang juga menyelenggarakan lomba Metalloscope dan seminar K3 dengan tema “Increasing Awareness of OHS in Indutrial Activity in Indonesia”. Acara Metal casting ini berlangsung dari tanggal 25-26 November 2017. Dalam lomba Casting Competition ini, terdapat 7 himpunan Mahasiswa Material dan Metalurgi se-Indonesia yang ikut serta didalamnya, yaitu ITSB, UNJANI, UI, UNTIRTA, MTM ITB dan IMMG ITB.

Untuk rangkaian seleksi lomba ini, Iman menuturkan bahwa setiap tim mengirimkan desain cetakan yang akan dibuat. “Setelah itu kita membuat cetakan pasir sesuai dengan rancangan desain yang kita buat. Karena ada ketidak sesuain ukuran yang kami desain dengan cetakan yang kami buat, kami cukup kesulitan dalam membuat cetakan pasir. Karena waktu yang hampir habis, ada paksaan dalam menbuat cetakan pasir dan ada sedikit perubahan dengan desain awal yang kami buat, kamipun memutuskan pembuatan cetakan pasirĀ  kami mengikuti video tutorial pembuatan cetakan pasir yang dikirim oleh panitia”, jelas Iman mengonfirmasi soal rangkaian proses lomba yang ia ikuti.

Iman juga menyampaikan, bahwa ia sejujurnya baru belajar pengecoran logam semester ini (semester 5 perkuliahannya). Dalam teknik pengecoran, ia meihat bahwa sebelum logam di cetak atau dicairkan maka kita harus terlebih dahulu membuat desain cetakan. “Dari sini saya ingin mencoba mengadu ide desain cetakan yang saya buat”, pungkasnya.

Tentu bukan hal yang mudah untuk mengimplementasikan sesuatu yang baru diperoleh dalam bangku perkuliahan menjadi karya yang bahkan menghasilkan capaian. Usaha, doa dan kesungguhan Iman dan tim menjadi faktor penting dalam raihan capaian yang ia torehkan kali ini. Semoga menjadi pemicu karya-karya berikutnya dan semangat bagi kita untuk bersungguh-sungguh dan tidak takut mencoba.

0 comments on “Zaid Sulaiman : Juara 1 Casting Competition 2017Add yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *