Jabir Haekal

Kolaborasi Bonek Jabir-Haekal, Hasilkan Juara 3 Lomba Debat Nasional

Kolaborasi adalah salah satu kunci kesuksesan hari ini. Saling mengisi kekurangan dan berbagi kelebihan. Nilai itu diaplikasikan oleh duo peserta Rumah Kepemimpinan Surabaya yang baru saja meraih juara 3 dalam ajang National Debate Competition yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Airlangga pada 16-19 November 2017. Mereka adalah Haekal Akbar Kartasasmita (Haekal) dan Abdullah Aljabir (Jabir). Sebenarnya dalam tim itu ada satu kawan lagi, yaitu Rindan Taufiqih. Dalam lomba yang bertemakan “pemerintah dalam energi, lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan”, mereka adalah satu-satunya tim yang berasal dari latar belakang keilmuan eksak. Haekal adalah mahasiswa Teknik Perkapalan ITS dan Aljabir adalah mahasiswa Teknik Material ITS.

“Timnya ada 10, ada dari unhas,  UB,UIN, UNPAD, Unnes, Udayana, dll. ITS cuma satu tim dan satu-satunya tim yang background nya ilmu eksak”, kata Jabir.

Berdasarkan penuturan Haekal, proses mereka mengikuti lomba itu diawali dari ketidaksengajaan diskusi bersama teman teman di asrama sembari membuka poster lomba, hingga memutuskan untuk mengikuti lomba tersebut. Jabir menambahkan soal alur lomba yang diawali dari pembuatan essay hingga lolos verifikasi, pembayaran administrasi dan pelaksanaan lomba. Mereka juga mengaku bahwa merasa sangat puas, meskipunmerasa lucu juga. Karena mereka merasa masih kurang dalam persiapan. Topik yang mereka pelajari ngalor-ngidul, padahal mereka sudah diberikan mosi atau topik, namun tidak benar-benar dipelajari dan disiapkan.

“Sing Penting Yaqin”, kata Jabir menggambarkan rasa puasnya karena ia sendiri ingin memotivasi teman-teman yang lain untuk mencoba hal yang baru walaupun dengan motivasi bonek (bondo nekat). Jabir juga menambahkan, selain butuh keyakinan, yang tak kalah penting adalah niat yang baik dan terus berfikir kedepan. “bukan untuk menang,  jabatan atau hal lainnya, pikirkan bagaimana agar tidak sekali berarti sehabis itu mati,  tapi jadilah sekali hidup menjadi sangat berarti”, pesannya untuk kita semua.

Dilain kesempatan, Haekal juga membagikan pengalamannya. Bahwa dalam lomba tersebut ia mendapat pelajaran penting tentang cara berdebat, teknik dan substansi itu sendiri. “Selain itu jadi ngerti gimana cara berpikir anak2 FISIP yg beda dari anak teknik. Perasaannya ya seneng sama heran juga bisa menang ternyata”, katanya.

Haekal menutup dengan pesan plus candaan, “Baik-baik belajar, baik-baik sama orang tua, jangan lupa shalat dan rajin menabung. Hehe. Kalo ada lomba yg menarik bisa dicoba dulu aja, kali aja rezeki kita ada di sana”.

Pengalaman menarik bagi keduanya, soal keyakinan dan usaha keras yang menghasilkan sesuatu, yang bahkan melebihi ekspektasi. Semoga kita pun mampu berupaya maksimal dalam segala hal dan tentunya yakin kepada Allah yang tidak pernah ingkar akan janji-Nya. Terus berkarya, kawan! (AB)

0 comments on “Kolaborasi Bonek Jabir-Haekal, Hasilkan Juara 3 Lomba Debat NasionalAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *