Hafiz M

Hafiz Rizaldi : Jalan Mencapai Mimpi Lomba di Luar Negeri

Awal November yang lalu, salah satu peserta Rumah kepemimpinan Surabaya kembali menjajaki negara tetangga, Malaysia. Ialah Hafiz Rizaldi, mahasiswa jurusan Teknik Geofisika ITS yang juga aktif sebagai anggota SPE, Society Petroleum Engineer ITS. Hafiz -sapaan akrabnya, mengikuti acara SMOGC (SPE Malaysia Oil and Gas Convention) yang diselenggarakan oleh SPE (Society Petroleum Engineers) Student Chapter gabungan di Malaysia. Berdasarkan penuturannya, agenda ini memiliki ragam sub acara yaitu; Lomba-lomba dan conference se Asia Pasific. “Aku sendiri ikut lomba Petrobrain Competition. semacam cerdas cermat tentang dunia oil and gas”, kata Hafiz (dalam foto dibawah ini, ia paling kanan).Hafiz M2

Ia juga menyampaikan bahwa ia tidak sendiri, ia bersama 19 mahasiswa dari ITS yang terbagi kedalam 3 bidang lomba dan 2 tim untuk mengikuti konferensi. Untuk lomba, katanya, ada 1 orang di bidang paper competition, 5 orang di Oil Rig Design Competition, dan 3 orang dalam Petrobrain Competition. Hafiz sendiri masuk dalam tim Petrobrain Competition, yang menurutnya ia dapat masuk di ti itu karena pengalaman dalam smart competition semacam itu.

Memang dalam lomba tersebut Hafiz dan tim belum meraih juara, mereka terhenti dalam tahap semifinal meskipun mereka telah berusaha maksimal, yang salah satunya karena berada dalam grup “neraka”. Hafiz merasa sedih karena kalah dari tuan rumah, terlebih tim Hafiz ini adalah satu-satunya perwakilan Indonesia yang masuk dalam fase semifinal.

“PETROBOWL!”, kata Hafiz ketika soal rencananya kedepan. Ya, Petrobowl Adalah ajang smart competition tentang oil n gas nomor 1 di dunia. “Untuk mengikuti petrobowl di US, kami harus melakukan seleksi di Asia Pasifik terlebih dahulu. Seleksi ini akan diadakan Agustus mendatang di Malaysia”, kata Hafiz.

Hafiz memang sangat semangat mengikuti ragam kompetisi untuk mengasah kompetensinya. Ia memiliki motivasi yang besar. Ia mengingat kembali ketika dulu di IC (Insan Cendikia-red) diverikan motivasi bahwa Belajar adalah ibadah, prestasi adalah dakwah. “Dengan berprestasi itu seperti dakwah seorang muslim untuk muslim lainnya”, tuturnya. Hafiz juga menuturkan bahwa meskipun sering ikut lomba Alhamdulillah Allah belum memberi hadiah juara. Ia sempat down dan berpikir, “ngapain lomba terus tapi gak menang”, hingga ada teman yang memberikan nasihat kepadanya. “Yang jelas kalo gak lomba gimana mau jadi juara”, Tulis hafiz menirukan kata kawannya.

Mengikuti lomba tingkat internasional adalah salah satu mimpi yang telah dituliskan untuk dicapai di tahun ketiga kuliah. Itu ia tuliskan ketika mahasiswa baru. Alhamdulillah, mimpi itu tercapai dengan mengikuti lomba Petrobrain di Malaysia ini.

“Yakinlah kepada Allah, jangan sekali kali meremehkan kekuasaan-Nya. Allah itu sesuai dengan perasaan hamba-Nya. Kalau sudah yakin, Allah yang kasih jalan, Allah yang biayain. Tugas kita selanjutnya ikhtiar dan bersyukur”, tutup Hafiz untuk mengingatkan kita semua agar tak lelah berusaha dan yakin akan kuasa Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Semangat, Hafiz!

0 comments on “Hafiz Rizaldi : Jalan Mencapai Mimpi Lomba di Luar NegeriAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *