Abimanyu

Abimanyu : Kali Pertama Jadi Juara

Rasa bahagia itu nampak betul dari wajah sumringah Abimanyu ketika tiba di asrama. Ya, Mahasiswa dengan nama lengkap Muhammad Abimanyu Setyo Puji Asyhari ini baru saja meraih juara 3 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional, yang dilaksanakan oleh mahasiswa Biologi UNM (Universitas Negeri Makassar) dalam acara LKTI BODY, Biology Open Day. Acara tersebut memiliki tema meningkatkan inovasi pemuda Indonesia dengan mendukung program Sustainable Developments Goals 2030.

Meskipun dengan persiapan yang biasa dan cukup mendekati pelaksanaan, Abimanyu dan tim mampu melewatinya dengan baik. Ia menuturkan bahwa mereka melakukan pendaftaran H-2 penutupan, dengan pengerjaan karya tulis yang hanya 10 hari. Dan ketika waktu pengumuman tidak pernah menyangka menjadi finalis. “sampek ribut dengan tim berkaitan, kita bakal berangkat ke Makassar gk? Duit dari mana buat ke sana”, imbuhnya. Ia-pun bersyukur bisa melewati dengan baik. Bahkan melebihi target yang ia canangkan sendiri.

Karya yang Abimanyu dan tim paparkan adalah Growy: Planting Anything Anywhere with Fully Controlled Agriculture Based on Internet of Things. Sebuah teknologi yang dapat menanam semua tanaman non kayu di mana saja. Ia memberikan pemisalahan bahwa strawberry yang notabene bisa tumbuh di dataran tinggi yang dingin, bisa ditanam di Mesir yang panas dan kering. “Nantinya juga teknologi ini dapat mendukung program SDGs (Sustainable Development Goals) khususnya aspek “NO HUNGER”, agar tidak ada lagi kelaparan yang melanda negara-negara seluruh dunia ini”, imbuhnya.

Usut punya usut, Abimanyu ini sebenarnya inginnya jalan-jalan ke tempat baru, Makassar misalnya. Jalan-jalan yang bukan sekadar jalan-jalan. Beruntungnya, selain jalan jalan ia malah mendapatkan kesempatan untuk pertama kalinya selama kuliah hingga di tahun ketiga ini kreasinya diakui. Selain itu, Abimanyu dan tim juga menggunakan momen ini sebagai latihan untuk menghadapi ujian atau presentasi-presentasi berikutnya. Selain juara ia juga menyampaikan manfaatyang ia peroleh. “Relasi baru dan menambah list jaringan, wawasan baru dan sekaligus pembuktian bahwa Indonesia itu kaya dan indah”, imbuhnya. Ditambah lagi ketika di Makassar ia juga sempat silaturahmi ke asrama Rumah Kepemimpinan Regional VII Makassar. Lengkap sudah kebahagiaannya.

Kedepan, ia ingin terus menapakkan kaki di belahan bumi yang lain, belahan bumi yang sebelumnya belum pernah dikunjungi. Katanya, pernah ada orang yang pernah bilang, “masa depan seseorang dapat diketahui dengan sudah seberapa banyak tempat yang pernah ia kunjungi”. “And I’ll do that, bismillah. Tapi yang perlu digarisbawahi adalah, jangan hanya sekedar jalan-jalan, tapi harus ada keebermanfaatan lainnya yang bisa kita ambil” tegasnya.

Tak lupa ia menyampaikan pesan untuk saudara-saudaranya untuk terus berkarya, apapun bentuk dan macamnya. “Selagi masih berjiwa muda lakukan hal yang jarang orang standar lakukan. Jalan-jalan lah rek, liat ITS dari belahan bumi yang lain, liat Surabaya dari belahan bumi yang lain, liat Indonesia dari belahan bumi yang lain”, katanya menjawab pertanyaan yang diajukan.

Semangat selalu, maju terus, dan tetap rendah hati.

0 comments on “Abimanyu : Kali Pertama Jadi JuaraAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *