dhita 1

Dhita Mutiara Nabella : Membawa Isu Konservasi Lahan Gambut dalam Kompetisi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Indonesia 2018

Dhita Mutiara Nabella yang akrab disapa Dhita merupakan peserta Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta Putri yang saat ini sedang menempuh semester 6 jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia. Bulan Maret 2018, melalui seleksi pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) tingkat fakultas, Dhita berhasil mendapatkan Juara 1 Mapres Utama FMIPA UI dan mewakili fakultas MIPA di ajang pilmapres tingkat Universitas Indonesia (UI). Bulan April 2018, Dhita mewakili MIPA dalam ajang pilmapres tingkat UI dengan berbagai tahapan seleksi yang ketat. Tahapan seleksi pilmapres UI diantaranya tes psikologi, tes kemampuan Bahasa Inggris secara lisan dan tulisan, membuat karya tulis ilmiah dan mempresentasikannya, dan wawancara curriculum vitae (CV). Dhita berkompetisi dengan 13 mapres lainnya yang merupakan mahasiswa terbaik di fakultasnya masing-masing.

Mahasiswa Berprestasi 1 FMIPA UI 2018
Mahasiswa Berprestasi 1 FMIPA UI 2018

Sebagai mahasiswa Biologi, karya tulis yang dituliskan oleh Dhita yaitu Upaya Rehabilitasi dan Konservasi Lahan Gambut Melalui Pengembangan Perkebunan Sagu Berkelanjutan di Indonesia. Karya tulis tersebut sesuai dengan tema umum Pilmapres tahun ini, yaitu mengenai Sustainable Development Goals (SDGs), terutama nomor 13 (Climate Action) untuk mengurangi emisi karbon dioksida di Indonesia dan nomor 15 (Life on Land) untuk restorasi lahan gambut yang terdegradasi. Melalui ide tersebut, Dhita berharap bahwa lahan gambut yang terdegradasi dapat kembali berfungsi normal sebagai penyimpan cadangan karbon sehingga dapat meminimalisasi terlepasnya karbon ke atmosfer. Selain itu, lahan gambut yang sudah kembali normal, akan meningkatkan pula kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat sekitar lahan gambut.

dhita 2

Karya tulis tersebutlah yang berhasil lolos di tingkat MIPA dan kembali di presentasikan di tingkat UI. Setelah rangkaian seleksi pilmapres selesai, tanggal 6 April diadakan Malam Apresiasi Prestasi (MAP) yang akan mengumumkan pemenang Pilmapres tingkat UI, baik untuk program sarjana maupun program vokasi. Dhita meraih predikat sebagai pemenang Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi Terbaik III dalam malam apresiasi tersebut. “Alhamdulillah, saya bersyukur kepada Allah swt yang telah memberikan begitu banyak kemudahan dan kekuatan dalam menjalani pilmapres ini, dan saya juga mau mengucapkan banyak terimakasih kepada ibu dan kakak saya yang tidak pernah berhenti mendukung saya, lalu kepada Keluarga Besar Rumah Kepemimpinan yang senantiasa mendukung dalam setiap proses pengembangan diri saya baik secara moril maupun materil, dan juga kepada seluruh mahasiswa dan dosen FMIPA yang selalu memberikan saya bantuan dan kekuatan dalam Pilmapres ini.” ucap Dhita setelah mendapatkan penghargaan tersebut.

dhita 4

0 comments on “Dhita Mutiara Nabella : Membawa Isu Konservasi Lahan Gambut dalam Kompetisi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Indonesia 2018Add yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *