pp zulfansyah

Sebuah Pembuktian Visualisasi Mimpi : Zulfansyah Mawapres Utama FEB USU 2018

Pada dasarnya seluruh manusia memiliki mimpinya masing-masing. Namun, tidak sedikit pula dari mimpi-mimpi manusia tersebut hanya tertulis di secarcik kertas atau bahkan hanya dalam sebuah angan tanpa ada upaya untuk membuatnya menjadi kenyataan. Atau mungkin merasa mimpi tersebut terlalu besar, sehingga merasa kesulitan untuk mewujudkannya. Tapi ada juga segolongan orang yang sampai hari ini masih tetap terus berusaha untuk merealisasikan seluruh mimpi-mimpinya. Begitu pula dengan sosok Zulfansyah atau yang lebih akrab disapa dengan panggilan Zulfan yang sekaligus pria kelahiran Binjai dua puluh tahun silam.

Mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan 2015 ini baru saja dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi Tingkat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara tahun 2018. Mimpinya untuk menjadi mahasiswa berprestasi di fakultasnya itu sebenarnya telah dicanangnya sejak lama, hanya saja momen tersebut baru dapat direalisasikan pada tahun 2018 sekarang ini. Kini satu-persatu dari mimpinya yang sempat dituliskannya, bahkan didesain secara khusus dalam sebuah vidio itu menjadi kenyataan. Mulai dari menjadi peserta di kegiatan internasional, memenangkan beberapa lomba, dan menjadi mahasiswa berprestasi kini sudah berhasil diraihnya. Serta pastinya masih ada banyak lagi mimpi-mimpi yang masih harus diperjuangkan olehnya.

Dengan bermodalkan prinsip “because a pearl always be pearl forever (karena mutiara akan tetap menjadi mutiara selamanya)” inilah yang membuatnya yakin akan kemampuan dirinya. Dia juga percaya betul bahwa Tuhan sebenarnya telah memberi porsi yang terbaik untuk setiap hamba-hambaNya, termasuk pula untuk seorang Zulfansyah. Dia juga percaya bahwa jalan hidup seseorang telah digarisi oleh Allah Swt. sejak dahulu tatapi, sekarang adalah tergantung bagaimana orang itu menempuh garis tersebut. Hal itu pula yang mengajarinya untuk menjadi pribadi yang lebih rendah hati, objektif, moderat dalam artian mau menerima segala kritikan atas dirinya, berjuang untuk lebih berprestasi, dan berkontribusi bagi sekitarnya.

Dalam meraih pijakannya yang sekarang ini bukan berarti tidak ada pengorbanan dan hambatan yang telah dilaluinya. Mulai dari dicap sebagai kader yang berguguran/menghilang oleh organisasinya, mahasiswa yang apatis, hingga beliau terpaksa untuk bekerja part time (bekerja paruh waktu) untuk menambah uang sakunya sempat ia rasakan. Berdasarkan keadaan itulah yang menempahnya menjadi pribadi yang lebih kuat dan mandiri. Tidak mau bergantung kepada orang lain secara berlebihan dan hanya menaruh asa kepada Azza wa Jalla.

Selain kondisi yang memaksa saya untuk menjadi pribadi yang lebih tegar terdapat juga instansi yang sangat berjasa di dalam hidupnya, yakni Rumah Kepemimpinan”, ungkapnya. Sebanarnya, dari Rumah Kepemimpinan inilah titik balik dari carita hidup seorang Zulfansyah. Ia tidak hanya dilatih bagaimana menjadi pribadi yang berkembang, tetapi juga dalam peningkatan kualitas spiritual, dan berkontribusi nyata untuk sekitarnya. Hal ini dibuktikannya lewat projek sosial yang diembannya di Instansi Beasiswa Rumah Kepemimpinan Regional 6 Medan, yaitu Leadership Project Agrisultan dan Leadership Project OMOO.

Leadership Project Agrisultan yang saat ini ia cimpungi bersama dengan tujuh orang pesera Rumah Kepemimpinan lainnya berfokus pada aspek kelingkungan untuk membantu menyembuhkan permasalahan lingkungan dengan cara mengurangi dampak permasalahan lingkungan saat ini lewat produksi sampah lingkungan menjadi olahan yang ekonomi. Contohnya seperti produk smart bottle dan boneka lek lumut. Dan Leadership Project OMOO atau singkatan dari One Man One Orphan berfokus pada pemberdayaan dan pengabdian sosial terhadap anak-anak yatim/piatu/panti di beberapa Panti Asuhan di Kota Medan. Terkhusus untuk mengurangi efek kesenjangan sosial di masyarakat bagi mereka.

Dari leadership project inilah yang berhasil mengantarkan Zulfan menjadi Mahasiswa Berprestasi 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara 2018. Dari sini pula beliau berhasil membuktikan bahwa segala kendala yang ada tidak menghalanginya untuk berkontribusi bagi lingkungan dan sekitarnya.

 

To be an Outstanding Student (Mahasiswa Berprestasi) it’s not only about yourself, but it is about how can you represent your community as well as you can. Bringing them to the higher level and responsible to society. You should know that you are a Slave, Caregiver, and Servicer indeed”.

– Zulfansyah –

Medan, 10/03/2018pp zulfansyah

0 comments on “Sebuah Pembuktian Visualisasi Mimpi : Zulfansyah Mawapres Utama FEB USU 2018Add yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *