rk brussels - Copy

Ainna Fisabila: Young Water Fellowship di Belgia

Ainna Fisabila merupakan peserta pembinaan Regional 1 Jakarta. Semenjak ia menjadi peserta pembinaan, Ia telah menjalani project Emcekaqu. Semenjak menjalani project Emcekaqu ini juga, ia memfokuskan diri dalam bidang air dan sanitasi. Bidang yang sangat baru bagi ia yang memiliki latar belakang keilmuan Keperawatan. Namun, karena sudah terlanjur ‘kecemplung’ disini, mau tidak mau, ia banyak belajar secara otodidak dari internet maupun bertemu dengan orang-orang yang memang sudah terlebih dahulu terjun ke dalam bidang ini sebelumnya. Beruntungnya, isu air dan sanitasi ini masuk ke dalam SDGs (sustanaible development goals), sehingga tidak terlalu sulit dalam mengakses informasi mengenai hal ini. Namun, tetap ada tantangan lain, yaitu sedikitnya anak muda yang terjun dalam bidang ini secara spesifik.

WhatsApp Image 2017-11-25 at 05.52.09

Perjalanan ia ke Belgia di akhir tahun lalu merupakan perjalanan yang tidak terbayangkan, karena sebenarnya ia tidak pernah terpikir untuk kesana sebelumnya. Namun, ia yang benar-benar sedang ‘haus’ sekali dengan ilmu sanitasi dan air, sangat tertarik dengan fellowship yang ditawarkan oleh satau organisasi yang berbasis di Belgia. Young Water Solutions, nama organisasi tersebut. ia begitu tertarik karena belum pernah sebelumnya ia menemukan hal semacam ini, apalagi di Indonesia, air bukanlah hal yang cukup ‘seksi’ untuk dibahas, maka ia benar-benar bersemangat untuk apply dalam program young water fellowship.

Setelah menunggu hampir sebulan, ia dikagetkan oleh Email yang menyatakan bahwa ia lolos! Ternyata, Ia menjadi salah satu dari 10 orang terpilih yang berasal dari negara yang berbeda-beda. Iai terpilih dari 800 lebih applicants berasal dari 95 negara berbeda dan menjadi satu-satunya delegasi dari negara Asia Tenggara karena negara lainnya berasal dari India, Pakistan, Uganda, Rwanda, Kenya, Guatemala, Colombo, Peru dan El Savador. ia merasa ini merupakan suatu kebaikan Allah yang sangat besar karena ia merasa bahwa Emcekaqu belum benar-benar memiliki impact yang begitu besar.

WhatsApp Image 2017-11-23 at 15.27.12

Selama disana hari-hari ia benar-benar dipenuhi dengan workshop mengenai sanitasi dan air. Mulai dari air secara general, pengelolaan air, social enterpreneurship dalam bidang air dan sanitasi, peran wanita dalam isu air dan sanitasi sampai dengan visit ke pengelolaan air limbah di salah satu kota bernama Antwerp di Belgia. Workshop disana begitu dinamis dengan berbagai aktifitas dalam ruangan yang membuat kami tidak pernah bosan mengikutinya dari pukul 9 pagi sampai 6 sore, selama 7 hari penuh.

Tidak hanya workshop, namun juga kami diminta untuk mempresentasikan project kami di depan beberapa duta besar negara yang menjadi undangan beserta petinggi dari organisasi yang berkaitan dengan air dan sanitasi di seluruh Uni-Eropa. Tidak hanya belajar mengenai air dan sanitasi. ia juga belajar mengenai kebudayaan dari negara yang berbeda. Belajar dari Belgia yang walaupun negara kecil, namun bisa menjadi pusat bagi salah satu organisasi besar seperti Uni-Eropa. Bagi ia, setiap perjalanan selalu lah menyenangkan, karena kita akan mendapatkan pelajaran dan makna.

WhatsApp Image 2017-11-27 at 23.09.16

Bagi ia, perjalanan kali ini ke Eropa bukanlah sebuah ‘pencapaian’ tapi merupakan sebuah ‘pelajaran’ yang sangat berharga karena ini merupakan pertama kali ia ke Eropa dan juga ilmu yang ia bawa dari Eropa harus dapat ia ejawantahkan agar dapat bermanfaat bagi beneficiaries di tempat project Emcekaqu berlangsung, yaitu di Pandeglang. Semoga kelak, ia lebih banyak dapat belajar di berbagai tempat, sambil mengenalkan Project Emcekaqu. Tidak hanay belajar ke luar negeri, namun juga di Indonesia itu sendiri karena masih banyak sekali yang tidak sadar akan masalah ini, apalagi masalah buang air besar sembarangan. Pdahal, secara statistik Indonesia merupakan pelaku buang air besar kedua terbesar di dunia setelah India.

0 comments on “Ainna Fisabila: Young Water Fellowship di BelgiaAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *