Menyebarkan virus GenRe kepada seluruh remaja di Indonesia

Sebanyak 34 pasang mahasiswa yang merupakan perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia mengikuti ajang Pemilihan Duta GenRe Indonesia yang berlangsung di Highland Resort Park Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh BKKBN untuk mencari Duta yang akan menjadi role model bagi remaja Indonesia untuk menjauhi resiko TRIAD KRR, yaitu pernikahan dini, seks bebas, dan NAPZA. Ajang pemilihan ini berbeda jika dibandingkan dengan ajang pemilihan Duta lainnya karena pada kegiatan ini pengetahuan mengenai generasi berencana (GenRe) dan kemampuan life skills dari masing-masing peserta adalah poin utama yang menjadi penilaian.

Selama kegiatan berlangsung para peserta yang merupakan Duta GenRe dan juga perwakilan Saka Kencana yang berasal dari masing-masing provinsi mendapatkan pembekalan terkait program revolusi mental, teknik berkomunikasi, dan tentu saja materi tentang generasi berencana. Untuk menunjukkan keterampilan dari masing-masing peserta dilaksanakan ajang bakat yang menampilkan kreatifitas seni dari masing-masing provinsi. Pengetahuan masing-masing peserta juga diuji melalui wawancara yang dilaksanakan sebanyak 3 sesi, yaitu sesi poster, sesi keterampilan komunikasi, dan sesi kepribadian. Hal terakhir yang menjadi tugas wajib peserta adalah melakukan bakti sosial dengan mengunjungi sekolah yang berada di sekitar lokasi resort untuk menyampaikan program-program GenRe.

Sulawesi Selatan yang menjadi salah satu peserta tentu saja dapat berbangga karena perwakilannya Muh. Auzan Haq yang juga merupakan peserta Rumah Kepemimpinan Regional 7 Makassar itu, mampu meraih Juara I Duta GenRe Indonesia Putra serta Juara Motivator Putra. Hal ini tentu saja membanggakan mengingat Sulawesi Selatan sebelumnya hanya mampu masuk dalam 10 besar dan pertama kalinya menyabet juara I tingkat Nasional di ajang tersebut.

Selanjutnya Duta yang terpilih memiliki kewajiban untuk menyebarkan virus GenRe kepada seluruh remaja di Indonesia melalui program-program kerja yang akan dijalankan seperti melakukan sosialisasi baik secara langsung maupun dengan memanfaatkan sosial media.  Selain itu para Duta harus menjadi role model bagi remaja Indonesia dalam menjalankan kehidupannya dengan terus mengembangkan life skills dan juga menjauhi berbagai perilaku negatif untuk mengihdarkan diri dari pernikahan usia dini, seks bebas dan NAPZAauzan

0 comments on “Menyebarkan virus GenRe kepada seluruh remaja di IndonesiaAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *